Suara merek lebih dari sekedar kata-kata. Nada, gaya, dan kepribadian perusahaan Andalah yang tercermin di seluruh saluran komunikasi Anda. Membangun suara merek yang konsisten adalah kunci untuk membangun pengenalan merek, dan meningkatkan loyalitas pelanggan dapat menjadi tantangan untuk dicapai ketika ada begitu banyak saluran komunikasi yang berbeda. Untungnya, ada taktik yang dapat Anda gunakan untuk memastikan merek Anda selalu berbicara dengan satu suara, seperti menghapus ulasan Glassdoor secara permanen untuk mengontrol konten yang terlihat tentang bisnis Anda dan melindungi reputasi Anda secara online. Berikut enam taktik yang dapat Anda gunakan untuk memastikan suara merek Anda tetap relevan di semua saluran.
1. Identifikasi Kepribadian Merek Anda
Sebelum menyusun pesan, Anda perlu mengidentifikasi kepribadian merek Anda. Ini melibatkan pengelompokan merek Anda menjadi atribut mendasar seperti sifat, nilai, sikap, manfaat, dan identitas. Semakin spesifik Anda tentang apa yang membuat merek Anda berbeda dari pesaingnya, semakin fokus suara merek Anda.
Mulailah bertanya pada diri sendiri apa misi, visi, atau gaya merek saya. Jenis bahasa apa yang digunakan merek saya untuk berkomunikasi dengan audiensnya? Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat lebih memahami kepribadian merek Anda.
2. Buat Panduan Suara Merek
Setelah Anda mengidentifikasi suara merek Anda, Anda dapat mendokumentasikannya dalam panduan suara merek Anda. Panduan ini harus memandu nada, gaya, dan kepribadian merek Anda. Dengan menstandarkan suara merek Anda, Anda dapat memastikan bahwa setiap orang yang bekerja dengan merek Anda, mulai dari pemasaran hingga penjualan, mempertahankan suara yang konsisten di semua komunikasi.
Pastikan panduan suara merek Anda mencakup kisah merek, hierarki pesan, kosakata merek, dan contoh gaya, nada, dan kepribadian. Anda selalu dapat merujuknya kapan pun Anda perlu membuat konten baru. Misalnya, panduan suara merek Anda harus menjadi titik referensi pertama Anda untuk membuat postingan blog baru atau memperbarui salinan situs web Anda.
3. Gunakan Bercerita
Bercerita adalah alat yang sangat ampuh untuk berinteraksi dengan pelanggan dan menciptakan hubungan yang bermakna. Menggunakan pengisahan cerita dalam konten Anda memastikan bahwa semua pesan konsisten dan relevan dengan audiens target Anda. Fokus pada pembuatan cerita yang membangkitkan emosi dan memperkuat misi atau nilai merek Anda. Dengan begitu, Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan secara lebih bermakna dan pribadi.
4. Konsistensi Lintas Saluran
Konsistensi suara merek memerlukan penerapan yang konsisten di semua saluran. Baik itu situs web Anda, media sosial, iklan cetak, pemasaran email, kemasan, atau papan tanda, suara merek Anda harus mencerminkan kepribadian merek Anda. Pelanggan Anda harus dapat mengenali suara merek Anda dari mana pun mereka berinteraksi dengan merek Anda. Konsistensi adalah kunci pengalaman merek yang berkesan.
5. Kenali Audiens Anda
Memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku audiens Anda sangat penting ketika mengembangkan suara merek. Suara merek Anda harus beresonansi dengan audiens Anda. Lakukan riset untuk mengetahui karakteristik target audiens Anda.
Anda dapat memanfaatkan data dari survei pelanggan, analisis media sosial, dan analisis situs web untuk memahami audiens Anda secara mendalam. Setelah Anda mengetahui audiens Anda, Anda dapat menyesuaikan suara merek Anda dengan preferensi mereka.
6. Latih Tim Anda
Mengembangkan suara merek yang konsisten bukanlah pekerjaan satu orang; ini adalah upaya tim. Melatih dan mengomunikasikan pentingnya suara merek yang konsisten kepada seluruh karyawan Anda akan memastikan semua orang bekerja ke arah yang sama. Untuk membantu hal ini, Anda dapat menelusuri toko online dengan beragam pilihan produk promosi di Brisbane atau di mana pun Anda berada untuk membeli barang-barang bermerek untuk dipakai tim Anda, menciptakan kesan pelanggan yang baik dan membuat mereka merasa seperti bagian integral dari tim Anda. merek.
Setiap orang harus memahami kepribadian, gaya, dan nada merek serta bagaimana menerapkannya dalam komunikasi. Berikan pelatihan dan dukungan secara berkala, dan jangan lupa untuk memberikan feedback secara konsisten.
Kesimpulan:
Konsistensi merek tidak terjadi dalam semalam, namun hal ini sepadan dengan investasi yang dilakukan. Suara merek yang konsisten menjadi komponen penting dari identitas merek Anda dan dapat membantu pelanggan mengenali Anda secara sekilas. Dengan mengikuti lima taktik ini, Anda dapat memperdalam pemahaman tentang kepribadian merek Anda, mendokumentasikan dan menstandardisasi suara merek Anda untuk menggunakan penyampaian cerita, menerapkan konsistensi di semua saluran komunikasi, memahami kebutuhan audiens, dan melatih tim Anda.
Ingatlah untuk meninjau kembali taktik ini secara rutin untuk memastikan suara merek Anda tetap pada jalurnya, meskipun ini berarti menghapus ulasan Glassdoor seiring berkembangnya bisnis Anda.