Dalam dunia bisnis saat ini, batasan antara pemasaran daring dan luring semakin kabur. Pemasaran fisik, yang terakhir, dapat diabaikan saat ini, tetapi tetap menjadi senjata ampuh jika dimanfaatkan dengan cara yang tepat. Hal ini terjadi jika kampanye pemasaran cetak Anda ditingkatkan melalui sumber daya digital.
Internet menyediakan banyak sekali alat dan sumber daya, yang mana pemilihan yang tepat dapat membantu meningkatkan efektivitas upaya pemasaran cetak Anda. Berikut ini menjelaskan cara memanfaatkan solusi daring ini sebaik-baiknya.
Memanfaatkan Alat Desain Digital untuk Mencetak
Seperti yang Anda ketahui, langkah pertama dalam setiap kampanye pemasaran cetak yang sukses adalah menciptakan visual yang menarik. Kabar baiknya adalah bahwa dengan platform desain daring seperti Adobe Creative Cloud dan Canva, Anda memiliki akses ke berbagai alat untuk menghasilkan desain yang tampak profesional. Platform ini menawarkan templat yang dirancang khusus untuk cetak, memastikan materi Anda tampak hebat setelah diproduksi.
Temukan Penyedia Layanan Percetakan yang Tepat
Ada berbagai alasan mengapa Anda ingin memilih penyedia yang tepat. Misalnya, dengan layanan pencetakan dan pengiriman surat langsung, Anda perlu mempertimbangkan aspek-aspek seperti biaya, kualitas, dan berbagai fitur yang disertakan. Perusahaan yang menawarkan harga yang kompetitif di samping transparansi adalah yang ideal, di mana mereka dapat memeriksa karya seni Anda, mengambil daftar surat Anda, dan mengirimkan materi cetak berkualitas tinggi dengan cepat.
Dengan internet, Anda tidak perlu memilih penyedia lokal. Anda dapat mencari dan memilih dari berbagai pilihan printer profesional. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membaca ulasan dan membandingkan informasi penting seperti harga, kualitas bahan, dan teknologi pencetakan yang digunakan. Anda kemudian dapat membuat keputusan yang tepat tentang printer mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kampanye Anda.
Integrasikan Analisis untuk Distribusi yang Ditargetkan
Saat membandingkan alat pemasaran fisik dengan alat pemasaran daring, alat pemasaran daring memiliki keunggulan signifikan dalam satu hal: kemampuan menganalisis dan menggunakan data. Alat seperti Google Analytics dapat memberikan wawasan tentang demografi, minat, dan perilaku audiens Anda, yang semuanya dapat sangat berharga saat menargetkan distribusi cetak Anda dengan sukses.
Pada akhirnya, analitik daring memungkinkan Anda mengidentifikasi target audiens dengan lebih tepat dan memahami lokasi mereka. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa sebagian besar audiens Anda sering mengunjungi suatu area tertentu, Anda dapat memfokuskan upaya pengiriman surat langsung di lokasi ini.
Promosi Silang Melalui Kode QR dan URL
Cara cerdas untuk menggabungkan upaya pemasaran online dan offline Anda adalah melalui penggunaan kode QR dan URL. Dengan menyertakannya dalam materi cetak Anda, Anda dapat mengarahkan penerima ke segala hal mulai dari situs web hingga profil media sosial Anda. Misalnya, Anda dapat mengirimkan surat fisik ke calon pelanggan yang mengiklankan promosi online terbaru Anda. Agar mereka bertindak, Anda dapat mengarahkan mereka untuk memindai kode QR yang diberikan untuk mengambil langkah berikutnya.
Pendekatan ini tidak hanya mengarahkan lalu lintas ke platform digital Anda. Pendekatan ini juga memungkinkan pelacakan efektivitas kampanye cetak Anda melalui metrik daring. Selain itu, seperti yang disorot dalam taktik sebelumnya, Anda dapat menggunakan data ini lebih lanjut untuk menyempurnakan upaya pemasaran Anda dengan lebih baik.