Saat ini, ketika orang mengatakan mereka sedang “berselancar di internet”, itu berarti mereka sedang menggunakan media sosial. Facebook, Twitter, Pinterest, dan Reddit hanyalah beberapa platform media sosial teratas yang digunakan untuk berbagi konten di seluruh dunia. Sebaliknya, pembuat konten berjuang setiap hari untuk mendapatkan jumlah klik yang cukup untuk satu item.
Mendapatkan pengikut melalui media sosial tidak berbeda dengan seorang penjaja karnaval yang mencoba membujuk pengunjung untuk datang ke suatu atraksi. Apa pun daya tarik Anda, promosi harus menarik perhatian audiens Anda. Beberapa di antaranya mungkin membutuhkan pesona dan kemahiran, namun bisa juga sesederhana berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.
Berikut empat tips untuk meningkatkan jangkauan media sosial secara organik.
Sesuaikan Frekuensi
Kebiasaan memposting dan berbagi konten adalah fakta kehidupan para pembuat konten. Ini mungkin cara yang tidak etis untuk membangun pengikut.
Sebuah penelitian berfokus pada tiga generasi pengguna media sosial, generasi Millenial mengikuti untuk hiburan dan informasi, Generasi X untuk promosi, dan Generasi Baby Boom adalah campuran yang netral. Ketiganya cenderung berhenti mengikuti jika postingan terlalu berisi spam atau menjadi gangguan sehari-hari.
Belajar mengatur frekuensi posting dan berbagi Anda. Rabu dan Kamis antara siang hingga jam 2 siang adalah waktu terbaik. Setiap hari kerja dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore juga optimal.
Penargetan
Kemungkinan besar kompilasi video klip bayi panda muncul di feed Anda karena penargetan audiens yang spesifik. Menargetkan postingan media sosial adalah cara cerdas untuk menyebarkan konten tanpa perlu melakukan spam.
Sebagian besar platform media sosial memilikinya opsi penargetan yang nyaman. Hashtag Twitter tersebut adalah salah satu cara untuk menyebarkan konten kepada pengguna yang berminat. Jika Anda membuat postingan di Facebook, Anda mungkin melihat ikon “target” kecil di bagian bawah. Gunakan ini untuk menargetkan postingan Anda berdasarkan minat, jenis kelamin, dan negara.
Dapatkan Seorang Advokat
Namanya bukan media “sosial” tanpa alasan. Postingan Anda akan semakin populer ketika lebih banyak orang mulai berinteraksi dengannya. Jika Anda memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak, mungkin Anda bisa meyakinkan mereka untuk menjadi advokat.
Pendukung media sosial bisa berupa pengikut vokal, pembuat terkait, atau lingkaran pertemanan Anda. Minta mereka untuk membagikan postingan Anda. Cobalah untuk menambahkan insentif atas kerja sama mereka. Ini adalah cara yang baik untuk membuat promosi atau mengenal pengikut Anda.
Influencer adalah jenis advokasi media sosial lain yang dapat Anda gunakan. Buat konten sesuai bidangnya dan tanyakan apakah mereka akan menghostingnya di situs mereka.
Kurasi Konten
Kehidupan media sosial Anda berkembang ketika Anda membuat konten yang bagus. Namun, ada begitu banyak konten daring yang Anda tidak tahu apakah ada yang lebih baik untuk ditambahkan. Mungkin Anda bisa menjadi kurator yang baik.
Bagikan dan komentari postingan dalam bidang keahlian Anda. Misalnya, seorang agen real estate di Jacksonville dapat berbagi artikel berita tentang orang yang baru dilantik di Hollywood Walk of Fame dan menambahkan komentar (dengan tautan) tentang properti di Vine Street. Anda hanya membutuhkan suara yang tulus untuk mendapatkan pengikut.