Nama merek yang kuat dan karyawan yang berbakat adalah dua aset terpenting organisasi mana pun. Merek menarik karyawan baru yang meremajakan merek yang sudah ada dan membantu penciptaan merek yang lebih baru dan lebih kuat. Sebuah merek bukan sekadar logo lain. Pendiri Alice McCall mengatakan, 'Sebuah merek adalah tentang reputasi. Ini tentang apa yang orang bicarakan tentang Anda saat Anda tidak berada di ruangan itu.
Pentingnya merek tidak pernah bisa diremehkan. Menurut penelitian Nielsen, 59% orang yang disurvei mengatakan mereka membeli produk baru dari merek yang mereka sukai dan percayai. Oleh karena itu, mudah untuk memahami mengapa perusahaan selalu menginvestasikan banyak waktu dan energi mereka untuk menyegarkan dan membangun kembali merek mereka. Meskipun meluncurkan sebuah merek adalah tugas yang sangat sulit, yang lebih menakutkan adalah mempertahankannya.
Jadi bagaimana perusahaan meluncurkan merek mereka? Apa langkah-langkah penting yang harus diikuti?
Hadirin
Langkah pertama adalah menemukan audiens target Anda. Ini berarti mengidentifikasi sejumlah besar orang yang mungkin akan membeli produk atau layanan Anda. Tapi ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan! Bagaimana jika orang-orang tersebut juga membeli merek lain, dan dalam jumlah yang lebih banyak?
Jadi, Anda perlu mengidentifikasi sekelompok orang yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda karena alasan tertentu. Alasannya mungkin karena kejernihan suara yang lebih baik pada panggilan telepon seperti yang terjadi pada Telstra, raksasa telekomunikasi Australia. USP Telstra bukanlah poin klise yang sama dengan klaim penyedia jaringan. Telstra menjanjikan kejernihan suara dan mewujudkannya!
Penting untuk menawarkan hal-hal spesifik, dan mengetahui secara pasti siapa yang mencari hal-hal spesifik tersebut! Anda dapat membagi audiens Anda menjadi banyak bagian di sini. Siapa yang akan membeli produk Anda – pria atau wanita? Bagaimana dengan profil usianya? Bagaimana dengan tingkat pendapatan mereka? Kapan mereka akan membeli produk Anda? Di daerah manakah mereka tinggal? Dalam istilah pemasaran, ini berarti menemukan ceruk pasar yang tepat.
Profitabilitas
Anda juga perlu mencari tahu apakah niche Anda menguntungkan. Ini memerlukan penghitungan proyeksi keuntungan, produksi dan biaya lainnya, serta harga jual Anda. Merek Anda bisa sukses hanya jika menguntungkan.
Pernyataan misi
Mengapa merek Anda harus ada? Apa tujuannya? Pernyataan misi menjawab dua pertanyaan mendasar ini. Jika Anda berkecimpung dalam bisnis perjalanan, pernyataan misi Anda harus mencerminkan mengapa perusahaan Anda ada dalam bisnis tersebut. Hal yang sama berlaku untuk semua bisnis lainnya. Pernyataan misi Anda akan tercermin dalam konten promosi Anda- gambar, teks, video, audio, dll.
Strategi komunikasi
Langkah selanjutnya dalam strategi membangun merek Anda adalah mengembangkan strategi komunikasi Anda. Apa yang ingin Anda sampaikan, kepada siapa, dan kapan? Tentu saja, Anda ingin menjangkau audiens target Anda sambil menjual dan mempromosikan merek Anda. Tapi media mana yang harus Anda pilih?
Katakanlah Anda menjalankan bisnis penjualan coklat. Jadi, media manakah yang paling banyak dikonsumsi pembeli Anda? Apakah dia menonton TV, mendengarkan radio, atau menjelajahi internet secara umum? Setelah Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, separuh pekerjaan Anda telah selesai. Bagian berikutnya adalah tentang memutuskan apa yang ingin Anda katakan, dan seberapa sering? Berapa banyak yang perlu Anda keluarkan untuk menunjukkan kehebatan merek Anda? Agen branding yang baik tidak hanya akan mengomunikasikan pesan dengan benar, namun juga akan membentuk cara pandang terhadap merek Anda. Untuk mendapatkan bantuan terbaik, klik di sini!
Muncul
Merek yang baik adalah merek yang selalu muncul. Artinya selalu ada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat di hadapan orang yang tepat. Merek-merek hebat selalu gigih dalam menyampaikan pesan, mereka memahami bahwa pencitraan merek sebagian besar adalah tentang pesan yang berkelanjutan.