Anda pernah berada di jalan atau di bangunan yang sinyal selulernya buruk. Dalam kebanyakan kasus, penyelesaian masalah ini adalah perbaikan sederhana. Anda terus mengemudi sampai Anda mendapat sinyal atau Anda meninggalkan gedung. Namun bagaimana jika masalah tersebut terjadi di gedung kantor Anda?
Sinyal seluler yang buruk adalah masalah umum di gedung perkantoran tua. Ketika dibangun, tidak diperlukan izin menara telepon seluler yang besar. Gangguan sinyal ini juga umum terjadi pada bangunan beratap logam jika sinyal di sekitar bangunan tidak minimal tiga bar.
Karena Anda berada di sana setiap hari kerja, tidak mungkin berangkat untuk menelepon. Sebagai gantinya, Anda dapat berinvestasi pada booster telepon seluler jarak pendek atau jarak jauh untuk gedung perkantoran. Namun jika Anda adalah pemilik dan staf, penyewa, dan pelanggan Anda mengeluh, Anda mungkin perlu mencari alasan di balik gangguan tersebut. Kami akan meninjau mengapa hal ini penting dan apa saja pilihan Anda di sini.
Beberapa orang mungkin memutar mata dan menyatakan bahwa “tidak ada sinyal seluler” adalah masalah dunia pertama. Namun, memiliki bisnis dan bekerja di kantor berbahaya bagi penghidupan Anda.
Ketika hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada sinyal, sulit, bahkan tidak mungkin, bagi staf untuk melakukan pekerjaan mereka dan pelanggan untuk terhubung dengan mereka sesuai kebutuhan. Sebaliknya, konsumen akan beralih ke bisnis yang lebih mudah dijangkau dengan komunikasi instan, terutama bisnis yang memiliki akses online.
Studi terbaru menunjukkan bahwa hampir 80% konsumen berharap memiliki akses ke bisnis melalui sarana online, baik melalui pesan, email, atau ChatBox instan. Jika gedung perkantoran yang menampung perwakilan bisnis Anda kesulitan memberikan sinyal yang kuat, Anda mungkin kehilangan pelanggan potensial dan pelanggan saat ini.
Bangunan Anda mungkin berada di zona mati ponsel, yang terjadi jika lokasinya tidak cukup dekat dengan setidaknya satu menara seluler atau jika bahan yang digunakan untuk membangun bangunan tersebut terlalu tebal untuk membiarkan sinyal masuk (seperti beton, insulasi kaca, baja, atau logam lainnya). Dalam beberapa kasus, penghalang dari luar seperti gunung, pepohonan, atau bangunan besar lainnya dapat mengurangi kekuatan sinyal.
Tergantung pada alasan di balik sinyal bangunan Anda (atau kurangnya sinyal), Anda mungkin memiliki solusi sederhana. Telusuri strukturnya dengan ponsel Anda dalam “mode uji lapangan” (dapat ditemukan di Pengaturan di iOS dan Android), dan perhatikan bilah untuk menemukan area terkuat. Teliti penyedia telepon seluler yang memiliki dan tidak memiliki sinyal untuk menentukan apakah ada jaringan tertentu yang menyebabkan masalah. Jika itu masalahnya, hal ini dapat diperbaiki dengan memo sederhana kepada siapa pun di kantor untuk memberi tahu mereka bahwa masalahnya ada pada penyedia tertentu, bukan pada gedungnya.
Namun jika gangguan sinyal disebabkan oleh bangunan, dan terdapat kekuatan di area tertentu, Anda dapat menggunakan penguat sinyal untuk meningkatkan penerimaan dalam jangkauan penguat tersebut. Untuk jangkauan yang lebih luas, Anda memerlukan perusahaan penguat sel profesional untuk membantu.
Sampai saat itu tiba, ada beberapa solusi jangka pendek. Anda dapat meminta staf Anda menyetel ulang perangkat mereka untuk memaksa penyambungan kembali atau menggunakannya di ruangan yang sinyalnya lebih kuat. Beberapa kantor menggunakan teknologi Bluetooth untuk meninggalkan perangkat elektronik mereka di satu lokasi dan berbicara dengan pelanggan di tempat lain. Terakhir, jika perangkat Anda memiliki panggilan Wi-Fi, Anda dapat mengaktifkannya. Perbaikan sementara ini mungkin akan membuat frustasi seiring berjalannya waktu, sehingga memerlukan solusi yang lebih permanen, seperti booster sel.