Surat lamaran mungkin tidak selalu diperlukan, namun dapat membantu resume Anda menonjol. Jika Anda ingin mendapatkan posisi itu, pertimbangkan untuk menyertakan surat lamaran yang mengesankan saat Anda mengirimkan resume itu. Pikirkan surat lamaran Anda sebagai kesempatan untuk menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa Anda adalah pasangan yang cocok untuk posisi yang Anda lamar.
Sekarang, menulis surat lamaran bisa menjadi hal yang menakutkan. Jangan khawatir; banyak Templat surat lamaran yang disetujui HR tersedia online untuk diunduh dan diedit secara gratis. Artikel ini juga akan memberikan tips menulis surat lamaran yang meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara.
Apa Itu Surat Pengantar, dan Bagaimana Cara Menulisnya?
Dokumen satu halaman ini adalah lampiran sempurna untuk resume Anda. Dengan surat lamaran yang ditulis dengan baik, Anda dapat menunjukkan hasrat dan antusiasme Anda terhadap posisi tersebut dan menonjol dari pelamar lainnya. Surat lamaran juga cocok untuk menunjukkan keterampilan komunikasi dan menulis Anda yang sangat baik kepada calon pemberi kerja.
Buatlah surat lamaran yang disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Perkenalkan diri Anda dalam surat itu dan sertakan informasi kontak Anda. Kamu juga harus berikan rincian kualifikasi Anda dan beri tahu pemberi kerja mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Jelaskan konteks kesenjangan pekerjaan atau masa kerja yang pendek.
Selalu Gunakan Bentuk Sapaan yang Benar
Jangan hanya menggunakan sapaan umum seperti “Kepada Yang Berkepentingan.” Kita berada di era digital di mana melakukan penelitian hanya dengan beberapa klik. Oleh karena itu, Anda diharapkan melakukan setidaknya beberapa riset dan menentukan nama perekrut atau manajer perekrutan. LinkedIn adalah tempat terbaik untuk mencari informasi tersebut.
Jika Anda tidak dapat menemukan nama orang tersebut, Anda juga dapat menggunakan sapaan formal seperti “Yang Terhormat Bapak/Ibu”. Anda juga dapat menggunakan gelar kesopanan sebelum nama jika itu adalah bisnis korporat. Menggunakan nama depan sebaiknya digunakan jika perusahaan tersebut memiliki budaya yang lebih kasual.
Tulis Paragraf Pertama yang Menarik
Paragraf atau pendahuluan pertama berfungsi sebagai “elevator pitch” Anda. Pastikan untuk menulis yang menarik dan menarik perhatian orang yang membacanya. Nyatakan dengan jelas mengapa Anda paling cocok untuk pekerjaan itu. Bagian surat lamaran ini harus menunjukkan kepercayaan diri, semangat, dan antusiasme Anda. Ingatlah untuk menyoroti penghargaan dan pencapaian terukur dari peran Anda sebelumnya.
Tunjukkan Mengapa Perusahaan Sangat Cocok untuk Anda
Jangan hanya menulis mengapa Anda sangat cocok untuk perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Surat lamaran juga harus menunjukkan mengapa perusahaan tersebut cocok untuk Anda. Tunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa Anda serius untuk berkembang bersama perusahaan dan bahwa hubungan profesional Anda akan selalu saling menguntungkan. Bersikaplah antusias namun tetap autentik dengan menghindari terlalu banyak sanjungan terhadap perusahaan.
Selesaikan Paragraf Anda dengan Kuat
Meskipun perkenalan adalah cara untuk memberikan kesan pertama yang baik, paragraf penutup surat lamaran Anda harus membuat mereka mengingat Anda. Tekankan kembali dan tekankan bahwa pengalaman profesional dan antusiasme pribadi Anda menjadikan Anda kandidat terbaik. Terakhir, jelaskan bagaimana mereka dapat menghubungi Anda jika mereka melanjutkan permohonan Anda.
Format dan Koreksi Sebelum Anda Mengirim
Sama seperti menulis resume Anda, Anda harus memastikannya surat lamaran Anda diformat dengan benar dan mudah dibaca. Gunakan ukuran font yang benar dan spasi yang tepat. Berhati-hatilah dalam mengoreksi surat Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan tanda baca, format, ejaan, atau tata bahasa. Ingatlah bahwa surat lamaran yang bagus menunjukkan profesionalisme dan perhatian Anda terhadap detail.